K-pop

Profil Park Chanyeol, Rapper Ganteng Asal Korea Selatan

Chanyeol adalah seorang penyanyi, rapper, penulis lagu, dan aktor asal Korea Selatan.

SELEBWIKI – Siapa nih yang gak kenal Park Chanyeol? Bagi kalangan K-Pop, pasti tau dong siapa cowo ganteng yang satu ini. Buat yang belum tahu, artikel ini akan membantu kamu dengan mengupas tuntas profil Park Chanyeol dari lahir hingga sekarang.

Chanyeol memiliki nama asli Park Chan-yeol yang lahir pada 27 November 1992 di Seoul, Korea Selatan. Artinya, Chanyeol saat ini menyandang umur 29 tahun dalam perhitungan umur internasional. Sedangkan dalam perhitungan umur Korea, Chanyeol telah berumur 30 tahun.

Ia menempuh pendidikan dasar di Hyundai Chungun High School yang terletak di Gangnam-gu, Seoul. Di sana, Chanyeol mengembangkan bakatnya dalam bidang musik. Bersama teman-temannya, Chanyeol membentuk sebuah band rock dan mengikuti sejumlah pertunjukan panggung.

Di usia 16 tahun, Chanyeol pun lulus dan ingin fokus ke dunia akting. Ia kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Institut Akting Privat. Di sana, ia mengetahui banyak hal mengenai akting dan belajar mengembangkan bakatnya.

Pada tahun 2008, Chanyeol mencoba keberuntungan dengan mengikuti SMART Model Contest yang merupakan sebuah kompetisi model untuk seragam sekolah. Kompetisi ini disponsori oleh SM Entertainment. Tanpa disangka-sangka, Chanyeol ternyata mendapat rangking 2.

Di tahun yang sama, Chanyeol juga mengikuti street casting. Melihat hal itu, pihak SM kemudian mendatangi dirinya dan memberi tawaran untuk mengikuti audisi. Ia sempat mengira kalau dirinya akan debut dalam band bergenre rock. Namun, dugaannya ternyata salah.

Berkat bakat yang dimilikinya, Chanyeol resmi menjadi trainee. Tak lama setelah itu, ia tampil dalam MV TVXQ berjudul “HaHaHa Song” bersama Suho dan Kai EXO. Kemudian pada tahun 2010, Chanyeol lagi-lagi tampil dalam sebuah MV milik Girls ‘Generation bertajuk “Genie”. Ketampanan yang dimiliki Chanyeol membuat banyak orang salah fokus dan penasaran dengan sosok dirinya.

Bersama teman-temannya, Chanyeol menjalani pelatihan yang cukup berat selama menjadi trainee. Ia bahkan harus berlatih selama 15 jam perhari. Selain itu, Chanyeol harus menjalani operasi lasik karena mempunyai penglihatan yang buruk. Oleh karena itu, ia harus berhati-hati agar matanya tidak terkena flash kamera.

Pihak SM kemudian mulai merilis pers untuk mengumumkan nama-nama anggota trainne yang akan debut di EXO. Namun sayangnya, Chanyeol menjadi trainee terakhir yang diperkenalkan pada Februari 2012.

Bersama 11 trainee lainnya, Chanyeol akhirnya debut di EXO pada 8 April 2012 dengan lagu “MAMA”. Di dalam grup tersebut, mereka terbagi menjadi dua sub unit, yakni EXO-K bagi anggota yang berasal dari Korea termasuk Chanyeol.

Sedangkan sub unit yang kedua adalah EXO-M diperuntukkan bagi anggota yang berasal dari Tiongkok seperti Lay. Dari penamaan ini, muncullah fandom EXO yang diberi nama EXO-L merupakan kepanjangan EXO-Lover. Selain itu, EXO-L merupakan penghubung antara EXO-M dan EXO-K dengan pola K-L-M.

Usai debut, Chanyeol rupanya ingin melanjutkan pendidikannya. Bersama Suho dan Baekhyun, Chanyeol pun memulai S1nya di Kyung Hee Cyber University yang terletak di Dongdaemun-gu, Seoul. Ia diketahui mengambil jurusan urusan Culture Arts Management. Ia juga melanjutkan S2 di Inha University jurusan Culture Management yang terletak di Incheon, South Korea.

Nama Chanyeol perlahan-lahan mulai dikenal dan mencuri perhatian banyak orang dengan bakat maupun visualnya. Wajahnya juga mulai muncul di acara tv seperti “Law of the Jungle” dan “Roommate” pada tahun 2014.

Masih di tahun yang sama, Chanyeol mulai mewujudkan satu per satu cita-citanya. Ia kemudian debut sebagai penulis lagu dengan lagu berjudul “Run” dari album musik dari drama lama ‘Overdosis’.

Berdasarkan profil Park Chanyeol, pada tahun 2015 ia mulai terjun ke dunia akting dengan berperan sebagai pendukung dakam film berjudul “Salut d’Amour”. Melihat bakatnya, Chanyeol mulai digarap untuk membintangi sederet drama dan film seperti EXO Next Door (2015), Missing 9 (2017), Secret Queen Makers (2018), hingga film So I Married the Anti Fan (2016).

Lanjut pada tahun 2019, Chanyeol merilis lagu solo bertajuk “SSFW”. Tidak berselang lama, Chanyeol dan Sehun melangsungkan debut sub-grup kedua yang bernama Exo-SC dengan merilis EP pertama bertajuk “What a Life”.

Lagi-lagi di tahun yang sama, Chanyeol membuat sebuah akun channel YouTube bernama Studio NNG. Di sini, Chanyeol menunjukkan bakat-bakatnya sebagai produser musik, komposer sekaligus konten kreator.

Dirinya juga pernah merilis video musik untuk penyanyi lain yang disutradarainya, video-video cover, vlog dan masih banyak lagi. Ia juga tak lupa melakukan kolaborasi bersama sejumlah penyanyi terkenal. Chanyeol pun digarap untuk mengisi soundtrack di beberapa drama seperti lagu “Stay With Me” di drama Goblin.

Namun sayangnya, sejumlah kegiatan itu harus terhenti. Chanyeol menjalani wajib militer pada 29 Maret 2021 dan akan kembali pada September 2022 mendatang. Meski begitu, Chanyeol juga terlihat aktif saat menjalani wajib militer. Baru-baru ini, dirinya dikabarkan menjadi pemain utama dalam drama musikal militer bertajuk “Missa’s Song”.

Sebagai informasi, Chanyeol sempat terseret beberapa skandal sebelum menjalani wamil. Awalnya seorang wanita mengaku sebagai mantan kekasih Chanyeol. Di sebuah postingan, wanita ini mengatakan bahwa dirinya telah diselingkuhi dengan 10 wanita termasuk member girlgroup, penari, YouTuber, pramugari, DJ dan masih banyak lagi.

Rumor ini semakin membesar dengan adanya kemunculan foto yang menampilkan Chanyeol bersama wanita itu. Namun, bagian wanitanya sengaja di blur agar tidak memperlihatkan wajah aslinya. Kesal dengan tuduhan itu, Chanyeol langsung memberi klarifikasi dan membantah rumor palsu tersebut.

Nah, itulah profil lengkap Park Chanyeol sejak lahir hingga sekarang. Idol ini bisa dijadikan panutan dalam hal pendidikan. Sebab, Chanyeol saja tidak berhenti belajar meskipun ia memiliki segudang kesibukan.

Related Articles

Back to top button