Internasional

Profil Taylor Swift, Penyanyi dan Penulis Lagu Terkenal Asal Amerika

Nama Taylor Swift kembali menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta musik Internasional setelah membawa pulang piala Album of the Year untuk ketiga kalinya.

WikiSeleb – Siapa sih yang tidak mengenal Taylor Swift? Penyanyi terkenal dan sangat populer dengan paras yang cantik yang dapat memukau siapa saja. Namun apakah kalian mengetahui profil penyanyi cantik ini? Berikut kami lampirkan profil singkat dari Taylor Swift.

Taylor Swift atau yang memiliki nama lengkap Taylor Alison Swift lahir pada tanggal 13 Desember 1989 di Wesr Reading, Pennsylvania. Wanita berumur 31 tahun ini telah aktif menjadi penyanyi sejak 2003 hingga saat ini. Ia sering menulis lagu dengan kisah atau alur dari kehidupannya sendiri dan banyak disukai oleh banyak orang.

Ia pindah ke Nashville, Tennesse dari kota kelahirannya pada umur 14 tahun dan mulai menginjakkan karirnya didunia musik country pada saat itu.

Album-album Taylor Swift

Album studio debut pertamanya adalah nama dia sendiri yaitu Taylor’s Version yang berada pada Billboard 200 terlama pada tahun 2000-an. Album ini dirilis pada akhir tahun 2006 saat Taylor Swift berumur 16 tahun dengan Big Machine Records.

Album singlenya yang ketiga yaitu Our Song sukses membawanya sebagai orang termuda sendirian yang menulis dan membawa lagu di Billboard Hot Cou yaituntry Songs.

Album studionya yang kedua yaitu Fearless memenangkan oenghargaan Grammy Awards dengan kategori Album Of The Year yang mengangkat gaya country pop pada saat itu. Selain itu single-single lagu Taylor Swift seperti Love Story, Young Belong With Me yang bergenre campuran, membawa Fearless diberi sertifikat Berlian oleh Recording Industry Association Of America atau RIAA.

Album studio ketiganya yaitu Speak Now menghasilkan single dengan campuran country pop dan perpaduan rock dan meluncurkan single besar seperti Mine dan Back To December.

Album studionya yang keempat yaitu Red memiliki latar music dengan aliran bermacam-macam seperti pop, rock, dan elektronik. Album ini menghasilkan single-single yang luar biasa seperti We are Never Ever Getting Back Together yang menjadi lagu nomor satu di Billboard Hot 100.

Album studionya yang kelima yaitu 1989 yang dirilis tahun 2014 silam, Taylor mengumumkan bahwa ia sepenuhnya masuk ke transisi music pop.

Taylor mendapaatkan penghargaan dari Grammy dengan kategori Albu Of The Year sebanyak 2 kali dan menghasilkan 3 lagu yang bisa berada dipuncak nomor satu Billboard pada saat itu.

Hal itu menjadikan Taylor Swift menjadi artis Wanita pertama yang mencapai kemenangan tersebut pada saat itu yaitu Shake It Off, Blank Space, dan Bad Blood.

Taylor memasukkan Kembali music pop-elektronik ke dalam 2 album studio selanjutnya yang dia buat yaitu Reputation dan Lover. Lover sendiri menjadi album dengan penjualan terlaris pada tahun 2019. Dan untuk Reputation menghasilkan single nomor satu di Billboard Hot 100 dengan lagu Look What You Made Me Do.

Album studionya yang kedelapan berlatar indie folk dan rock alternatif yang memiliki single utama cardigan dan menjadi artis pertama yang memuncaki Billboard 200 dan Hot 100 secara bersamaan.

Daftar penghargaan yang diraih Taylor Swift

Taylor juga memiliki banyak sekali penghargaan yang ia dapat dimulai dari pemenang terbanyak di American Music Awards dengan total kemenangan 32, Penghargaan Grammy yang berjumlah 10 dan Emmy 1, masuk kedalam peringkat kedalam peringkat Greatest of All Time Artist Chart dengan peringkat kedelapan dan juga dimasukkan kedalam daftar 100 penulis lagu terbaik di majalah Rolling Stone pada tahun 2015 dan masih banyak lagi penghargaan yang Taylor terima dari penghargaan music bergengsi lainnya.

Selain itu, Taylor Swift juga masuk kedalam daftar 100 orang paling berpengaruh dunia pada tahum 2010, 2015, dan 2019 di majalah time dan celebrity 100 dan berada pada peringkat nomor 1 pad atahun 2016 dan 2019 di majalah Forbes.

Dia juga dinobatkan sebagai Woman Of The Decade pada tahun 2010 an oleh Billboard dan Artist Of The Decade pada tahun 2010 an yang diriilis oleh American Music Awards, dan dari 2 albumnya masuk kedalam 500 Album terbaik sepanjangan masa pada tahun 2021 di majalah Rolling Stones.

Profil Taylor Swift

Nama Lengkap : Taylor Alison Swift
Nama Panggung : Taylor Swift
Nama Lain : Nils Sjöberg
Tempat Lahir : West Reading, Pennsylvania, A.S.
Tanggal Lahir : Rabu, 13 Desember 1989
Agama : Kristen
Pekerjaan : Penyanyi, Aktris, Penulis lagu
Tahun Aktif : 2003 – Sekarang
Hobi : Menyanyi, menulis lirik dan puisi
Tinggi badan : 5′ 11″ (1.80 m)
Kekayaan bersih:$365 juta (perkiraan 2020)
Pasangan : –
Ayah : Scott Kingsley Swift
Ibu : Andrea Gardner Swift
Genre: Pop, Country, Rock, Synth-pop, Country pop
Instrumen: Vokal, Gitar, Piano, Banjo, Ukulele
Label: Big Machine, Republic
Sosial Media : Instagram : @taylorswift

Awal Karier Taylor Swift

Profil Taylor Swift tidak menarik untuk diketahui jika tidak membahas awal kariernya hingga menjadi penyanyi terkenal.

Awal karier dari artis cantik dan berbakat ini dimulai dari usia Sembilan tahun. Awalnya Taylor mulai menyukai hal tentang teater musical dan mulai tampil di beberapa produksi Berks Youth Theatre Academy. Ia juga sering berpergian secara teratur ke New York untuk berlatih pelajaran vocal dan acting.

Kemudian dia mulai memfokuskan diri kepada music country dan menghabiskan waktunya kedalam festival dan acara lokal. Pada usia sebelas tahun, dia dan ibunya mulai mengunjungi label-label music untuk memasukkan rekaman demo cover karaoke dari Dolly Partond an Dixie Chicks namun semua ditolak.

Pada suatu hari Ketika Taylor berusia 12 tahun, ia bertemu dengan seorang reparsi computer yang berprofesi juga sebagai musisi lokal pada saat itu yang bernama Ronnie Cremer. Ia mulai mengajari bagaimana cara untuk bermain gitar dalam Langkah awal membuat suatu karya pertamanya dalam menulis lagu.

Taylor dan orangtuanya kemudia mulai bekerja di manajer music di New York yang bernama Dymtrow pada tahun 2003.Dengan bantuannya Taylor menjadi model untuk Abercrombie dan Fitch yang merupakan bagian dari kampanye Risng Stars. Setelah membawakan lagu orisinil di pertunjukan RCA Records, Taylor mulai diberikan kontrak pengembangan artis dan sering berpergian ke Nashville dengan ibunya.

Lalu kemudian pada tahun 2005, seseorang bernama Scott Borchetta yang berprofesi sebagai ekskutif di DreamWorks Records tertarik dengan Taylor dan mengundang Taylor untuk menjalin kontrak dengannya di label music dia sendiri yaitu Big Machine Records.Taylor menjadi orang pertama yang dikontrak dan ayahnya membeli 3% saham didalam perusahaan tersebut.

Taylor mulai menulis tiga lagu didalam albumnya sendiri dan menulis delapan lagu dengan penulis lain yaitu Rose, Robert Ellis Orral, Brian Maher, dan Angelo Petraglia. Kemudian album tersebur dirilis pada tanggal 24 Oktober 2006 dan berada di nomor lima Billboard 200 dan menghabiskan 157 minggu didalam tangga album ini, membuat album tersebut menjadi album terlama yang berada pada tangga lagu Billboard pada tahun 2000-an.

Sejak saat itu nama Taylor Swift mulai melonjak naikdan terkenal. Taylor juga mulai memenangkan banyak penghargaan bergengsi pada karier nya dan semakin mempopulerkan namanya. Taylor kemudian memulai debut acting pertamanya pada tahun 2009 di episode CSI di CBS. Kemudian pada tahun berikutnya ia juga menjadi pembawa acara dan tamu music di sebuah music Saturday Night Live.

Hingga saat ini Taylor Swift telah merilis 26 album yang populer yang dapat kalian dengarkan diberbagai platform musik. Itu dia mengenai profil singkat mengenai Taylor Swift yang mungkin belum kalian ketahui.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − five =

Back to top button