Pria

Profil dan Biodata Judika, Runner-up Indonesian Idol Musim Kedua

Profil dan Biodata Judika

SelebWiki – Berikut profil dan biodata Judika, runner-up Indonesian Idol musim kedua yang baru saja meluncurkan singel terbarunya bersama Nurlela, gadis penyandang tuna netra.

Diketahui teman duet Judika tersebut merupakan salah satu penyandang tuna netra yang berbakat dalam bernyanyi dan berasal dari Panti Sosial Rehabilitasi Penyandang Disabilitas (PSRPD). Berkat kolaborasi tersebut, pria berusia 43 tahun ini tuai pujian dan komentar positif dari netizen Indonesia.

Lagu yang bertajuk Tak Pernah Tinggalkanku itu merupakan salah satu karya dari Penyanyi Tri Suaka. Dirilis pada bulan April 2022, lagu tersebut telah dilihat lebih dari 1,7 juta kali di kanal YouTube Judika.

Dan siapa sangka Menteri BUMN, Erick Thohir ikut mengambil peran sebagai salah satu model video klip lagu itu.

Melalui akun instagram pribadinya, Erick Thohir mengungkapkan bahwa momen itu menjadi catatan khusus baginya. Dan berpesan kepada Nurlela supaya tetap rendah hati serta tetap fokus menggapai cita-cita.

Ingin mengenal lebih dekat penyanyi fenomenal asal Sumatera Utara ini? Yuk, simak profil dan biodata Judika, runner-up Indonesian Idol musim kedua.

Profil Judika

Lahir di Sidikalang, Sumatera Utara pada tanggal 31 Agustus 1978, pemilik nama lengkap Judika Nalon Abadi Sihotang adalah salah satu penyanyi berbakat yang dimiliki Indonesia yang lahir dari pasangan Sumanggar Sihotang dan Nursia Silalahi.

Pria berzodiak Virgo ini merupakan anak keenam dari tujuh bersaudara. Diketahui dirinya memiliki 2 saudara perempuan dan 4 saudara laki-laki, namun tidak banyak informasi seputar saudara kandung penyanyi fenomenal itu.

Hanya saja kakak laki-laki nomor dua judika bernama Erick Sihotang dan si bungsu Tiroy Sihotang pernah juga mengikuti salah satu ajang pencarian bakat bernyanyi yang ditayangkan salah satu TV swasta. Agama Judika dan keluarga adalah Kristen Protestan.

Pria bersuara tenor ini memiliki kehidupan yang berbanding terbalik dengan masa kecilnya. Disaat usianya 9 tahun dan masih tinggal di kampung halamannya, Berastagi, dia pernah berprofesi sebagai tukang semir sepatu demi membeli sepeda impiannya yang kala itu sedang menjadi tren dikalangan anak-anak seusianya.

Perjuangannya hingga sesukses sekarang melalui banyak cobaan, namun dia tetap semangat dan pantang menyerah.

Bersama temanya, dia membentuk sebuah grup vokal bernama Antero Boys. Grup tersebut juga pernah ikutserta dalam ajang Asia Bagus. Tidak sampai disitu, mereka mencoba hal baru yakni menjadi pengamen di bus.

Dan akhirnya Judika memutuskan untuk mengikuti ajang pencarian bakat yang diselenggarakan salah satu stasiun TV tersebut dan menjadi solois.

Pada tanggal 31 Agustus 2013, tepatnya diusia yang ke-35 tahun, Judika melangsungkan penikahan dengan runner-up I Puteri Indonesia, Duma Riris Silalahi. Dan dari pernikahan itu, mereka dikaruniai 2 orang anak, Cleo Deora Br. Sihotang dan Judeo Volante Sihotang.

Sumber: Profil dan Biodata Judika, Lengkap Perjalanan Karir, Asmara, Agama dan Penghargaan

Kisah Asmara Judika

Jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Duma Riris Silalahi di sebuah acara tradisional Batak se-Jabodetabek pada 2007 silam, sempat tidak mendapat restu dari kedua orang tua runner-up I Puteri Indonesia itu.

Resmi berpacaran pada 10 Oktober 2008, perjalanan cinta keduanya tidak berjalan mulus. Orang tua Duma menentang keras hubungan putrinya tersebut karena berpikir bahwa belum pernah ada penyanyi Batak yang sukses menyejahterakan kelurganya.

Ke khawatiran mereka membuat hubungan Duma dan keluarganya memanas. Judika pun sempat dilarang bertemu dengan sang kekasih hati, bahkan pernah juga hampir putus. Hingga pada tahun 2012, pria berusia 43 tahun itu menuangkan cerita kisah cintanya lewat lagu yang bertajuk Mama Papa Larang.

Lagu yang sempat booming kala itu mulai meluluhkan kerasnya hati orang tua Duma. Melihat adanya kesempatan emas, Judika tak langsung berhenti berjuang, hingga suatu hari lewat pencapaian yang diraihnya dalam berkarya di dunia entertainment berhasil meyakinkan bahwa dirinya layak dan mampu membahagiakan putri tercinta mereka.

Perjuangan cinta selama 6 tahun tidak sia-sia. Bak pepatah mengatakan, usaha tidak akan menghianati hasil. Akhirnya Judika dan Duma Riris resmi menjadi sepasang suami istri pada 31 Agustus 2013. Pemberkatan pernikahan mereka dilaksanakan di gereja HKBP Balige, Sumatera Utara dan dihadiri ribuan tamu undangan.

9 tahun membina berumah tangga, belum pernah terdengar kabar tidak baik dari keluarga Judika dan Duma. Justru pasangan suami istri ini sering membagikan momen kebersamaan mereka melalui instagram pribadi masing-masing.

Perjalanan Karir Judika

Mengawali karir sejak masih duduk dibangku sekolah dasar saat masih di Berastagi. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, dia bersama sang adik dan kedua temannya yang benama Juneidi dan Jonathan membentuk sebuah grup vokal.

Grup mereka sempat dikontrak salah satu hotel Internasional bintang 5 di Berastagi. Dia sering mengikuti ajang pencarian bakat bernyanyi, seperti Bahana Suara Pelajar. Saat itu dirinya terpilih menjadi juara pertama tingkat Provinsi, Sumatera Utara. Untuk tingkat Nasional Judika tidak kecewa meski hanya meraih posisi ketiga.

Ditahun 2005, pria berdarah Batak ini mencoba mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol demi mengasah kemampuan bernyanyinya. Pada 13 Agustus 2005, dia terpilih menjadi runner-up dengan membawakan lagu Jemu oleh Koes Plus.

Dari situ dia mulai mengembangkan sayap karirnya di dunia entertainmen tanah air. Tidak hanya bernyanyi, suami Duma Riris ini juga menjajal dunia seni peran. Tahun 2008, Judika terpilih menjadi salah satu pemeran di sebuah film yang berjudul Si Jago Merah.

Tahun 2009, kembali bermain di film The Tarix Jabrix 2. Dan masih ditahun yang sama bermain di film yang berjudul Impal (Pariban), dimana istri Judika, Duma Riris juga ikut berperan didalamnya.

Berhasil bersolo karir dan sebagai seorang aktor, Judika juga mencoba menjadi anak band. Dia menjadi vokalis Mahadewa, band yang digawangi Ahmad Dhani ditahun 2011. Namun pada tahun 2014, bapak dua anak itu memutuskan hengkang dari band tersebut.

Sebagai informasi tambahan untuk kamu para penggemar Judika Sihotang, jenis vokal yang dimilikinya adalah high C (C5), dimana nada tersebut adalah nada yang cukup tinggi bagi pria. Namun tidak bagi runner-up Indonesian Idol itu. Saat bernyanyi dia menggunakan nada tersebut tanpa kendala apapun, bahkan dia tidak menggunakan mix maupun falsetto.

Berkat semua kegigihannya dalam meniti karir, bapak dua anak ini kerap memboyong beberapa penghargaan yang ada.

Biodata Judika

Nama Lengkap: Judika Nalon Abadi Sihotang
Nama Panggung: Judika
Nama Panggilan: Judika
Tempat, tanggal lahir: Sidikalang, 31 Agustus 1978
Zodiak: Virgo
Agama: Kristen Protestan
Kewarganegaraan: Indonesia
Pekerjaan: Penyanyi, Aktor, Juri
Tahun aktif: 2005 – sekarang
Orang tua: Sumanggar Sihotang (ayah) dan Nursia Silalahi (ibu)
Saudara Kandung: Erick Sihotang (kakak laki-laki) dan Tiroy Sihotang (adik laki-laki)
Istri: Duma Riris Silalahi
Anak: Cleo Deora Br. Sihotang dan Judeo Volante Sihotang
Instagram: @jud1ka
Twitter: @Judikajude
YouTube: Judika Entertainment

Album Judika

2007: One
2010: Setengah Mati Merindu
2013: Mencari Cinta
2014: Hati & Cinta
2015: The Best of Judika
2021: Terus Berharap

Lagu Judika

2019: Cinta Karena Cinta
2020: Tak Mungkin Bersama, Putus atau Terus
2021: Hilang Tapi Ada, Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik-Baik Saja, Cinta Ini Milik Kita (feat Duma Riris), Teman Hidup, Ini Waktumu

Film Judika

2008: Si Jago Merah
2009: The Tarix Jabrix 2
2011: Golden Goal
2013: Crazy Love
2015: Air & Api, Toba Dreams

Penghargaan Judika

2009
Penghargaan: Indonesian Movie Awards 2009; Kategori: Aktor Pendatang Baru Terbaik (film Si Jago Merah)
2013
Penghargaan: Anuugerah planet Muzik 2013; Kategori: Artis Lelaki Terbaik
2014
Penghargaan: Inbox Awards 2014, Anugerah Planet Muzik 2014, Anugerah Musik Indonesia 2014; Kategori: Penyanyi Solo Pria Inbox, Artis Lelaki Terbaik (Mama Papa Larang), Kolaborasi Pop Terbaik (Sampai Akhir Feat Duma Riris), Karya Produksi Kolaborasi Terbaik ( Sampai Akhir feat Duma Riris)
2015
Penghargaan: Indonesian Choice Awards 2015, Selebrita Awards 2015, Anugerah Planet Muzik 2015; Kategori: Male Singer of the Year, Lagu Paling Terseleb (Sampai Kau Jadi Milikku), Artis Lelaki Terbaik (Apakah Ini Cinta)
2018
Penghargaan: Anugerah Planer Musik 2018; Kategori: Artis Lelaki Terbaik, Lagu Terbaik (Jikalau Kau Cinta), Kolaborasi Terbaik (Kisah Ku Inginkan feat Siti Nurhaliza).

Itulah profil dan biodata Judika, runner-up Indonesian Idol musim kedua. Semoga informasi ini bermanfaat dan kamu juga bisa menemukan berita, profil, biodata, serta fakta-fakta menarik lainnya seputar selebriti dalam dan luar negeri lainnya di SelebWiki.com.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

thirteen − nine =

Back to top button