Pria

Profil dan Biodata Rigen Rakelna, Lengkap Agama, Umur, dan Perjalanan Karier

Rigen Rakelna, komika yang dikenal ekspresif dan suka marah-marah. Simak profil dan biodata lengkapnya hanya di sini.

SELEBWIKI – Buat para penggemar komedi, nama Rigen Rakelna tentunya sudah tak asing lagi. Sosoknya sering muncul di podcast-podcast artis ternama tanah air seperti Deddy Corbuzier dan Andre Taulany.

Awal kepopulerannya adalah saat ia menjadi peserta Stand Up Comedy Academy season kelima tahun 2015 lalu. Kala itu, ia berhasil keluar sebagai juara satu dan memboyong piala penghargaan.

Pria asal Surabaya ini dikenal sebagai komika yang ekspresif dan suka marah-marah. Namun, semuanya itu justru menjadi ciri khasnya yang mengundang gelak tawa para penonton.

Tak hanya sukses di dunia komedi, Rigen juga punya mengasah bakat di dunia akting dengan menjadi bintang tamu di puluhan acara televisi. Kiprahnya di dunia hiburan terus melejit dan namanya semakin dikenal luas.

Penasaran dengan sosoknya? Yuk, simak ulasan tentang profil dan biodata Rigen Rakelna secara lengkap berikut ini!

Lihat Juga: Profil dan Biodata Lengkap Arafah Rianti, Runner Up SUCA Season 2

Profil Rigen Rakelna

Pemenang Stand Up Comedy Academy season 5 ini, ternyata orang Bima, Nusa Tenggara Barat yang lahir di Kota Surabaya, Jawa Timur pada 19 November 1991 dengan nama asli Muhammad Rizki Rakelna.

Nama ‘Rigen’ sendiri ia dapatkan dari tetangganya di Bima. Melalui podcast YouTube HAS Creative, Rigen mengungkapkan “”Itu dari tetangga gua tetangga komplek gua. Dulu di kampung gua nama Rizki itu ada banyak. Ada 4 orang terus Rizki ini Rizki ini. Nah gua karena badan gendut jadi Rizki gendut terus gua singkat sendiri jadi Rigen,” ucap Rigen.

Ia merupakan anak sulung dari lima bersaudara. Hingga kini, belum diketahui nama ataupun pekerjaan orang tua Rigen Rakelna. Meski demikian, ia dibesarkan di tengah-tengah keluarga yang menganut agama Muslim.

Rigen menghabiskan masa kecilnya di Jakarta sampe selesai dari Sekolah Dasar. Setelah itu, ia dan keluarga pindah ke kampung halaman di Bima dan melanjutkan studi di sana hingga lulus dari bangku SMA.

Setelah itu, Rigen memutuskan untuk kembali ke Ibu Kota untuk berkuliah sambil bekerja. Ia menempuh studi S1 nya di Institut Teknologi PLN angkatan 2010.

Keuletan dan bakat yang dia punya ngebawa dia sampe tahap sekarang. Perlahan tapi pasti, kariernya terus meningkat di dunia hiburan tanah air.

Berbicara tentang hubungan asmara, istri Rigen Rakelna diketahui bernama Indah Ningtyas. Keduanya telah berpacaran sejak tahun 2019 dan akhirnya resmi menikah. Rigen Rakelna dan istri diketahui terpaut usia 6 tahun.

Saat ini, umur Rigen Rakelna adalah 32 tahun dan sang istri baru berusia 26 tahun. usai menikah, keduanya dikaruniai dua orang anak yang diberi nama M. Gharvi Aldevaro Rakelna dan Essilie Nimpuna Rakelna.

Biodata Rigen Rakelna

Nama Asli : Muhammad Rizky Rakelna

Nama Panggung : Rigen Rakelna

Tempat Lahir : Kota Surabaya, Jawa Timur

Tanggal Lahir : 19 November 1991

Umur : 32 tahun (pada bulan November mendatang)

Zodiak : Scorpio

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Pekerjaan : Pelawak tunggal, Aktor, Presenter

Tahun Aktif : 2012 – sekarang

Tinggi Badan : –

Orangtua : –

Saudara : –

Pasangan : Indah Ningtyas

Anak : M. Gharvi Aldevaro Rakelna (laki-laki) dan Essilie Nimpuna Rakelna (perempuan)

Pendidikan : Institut Teknologi PLN, Jakarta

Akun Instagram : @rigensih

Akun YouTube : @RIGENRAKELNAREAL

Lihat Juga: Profil Kiky Saputri, Komika yang Doyan Meroasting Pejabat

Perjalanan Karier

Pemilik nama lengkap Muhammad Rizky Rakelna ini mulai merasakan panggung komedi pada tahun 2012. Hal itu bermula ketika salah satu temen kosnya mendaftarkan dirinya ke dalam kompetisi lawakan tunggal di kampus mereka.

Penampilan awalnya masih terbilang kaku dan kurang menarik. Namun, ia tak patah arang dan mulai menjelajahi dunia komedi. Pada tahun yang sama, ia memutuskan untuk bergabung ke komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat di tahun yang sama, 2012.

Lihat Juga: Profil dan Biodata Ernest Prakasa, Komika Ternama Indonesia

Dari komunitas itu, dia banyak belajar dan ikutan beberapa kompetisi lawakan tunggal dan kelompok bareng komunitasnya. Trus, tahun 2014, Rigen ikut Street Comedy IV di Senayan sama temen-temen komunitasnya, dan dia nyaris masuk semi final.

Tahun berikutnya, dia nekat audisi buat Stand Up Comedy Indonesia season lima yang diadain sama Kompas TV. Performanya stabil dan materi lucunya keren abis.

Akhirnya, Rigen berhasil sampai ke grand final bersama dua peserta lain, Indra Frimawan dan Rahmet Hidayat. Dan ternyata dia keluar sebagai juara satu di Stand Up Comedy Indonesia 5.

Dari sini, Rigen langsung dibanjiri tawaran manggung di event-event seru bahkan di podcast artis top. Dan jangan ketinggalan, tawaran buat main film juga berdatangan dan Rizky Rakelna langsung caplok semuanya.

Demikian profil dan biodata Rigen Rakelna, lengkap agama, umur, dan perjalanan karier. Bagaimana, apakah kamu juga salah satu penggemarnya?

Sumber: Parboaboa

Related Articles

Back to top button